Tips Mudah Bersihkan Radiator

Tips Mudah Bersihkan Radiator – Radiator adalah salah satu komponen mobil yang sangat diperlukan dan sangat penting untuk menjaga kesetabilan panas mesin . Untuk itu anda harus memperhatikan dengan benar radiator yang ada di kenaraan anda. Jangan sampai radiator kendaraan anda bocor ditengah jalan atau  bahkan buntu, itu akan membuat anda merasa kerepotan ditengah jalan.

Tips Mudah Bersihkan Radiator

Tips Mudah Bersihkan Radiator

Hal itu disebabkan oleh pemakaian air ledeng atau air yang kadar besi dan zat kapurnya sangat banyak sehingga terjadi suatu endapan yang mengakibatkan kabuntuan saluran air radiator. Bila kondisi seperti itu terjadi anda harus tau apa yang akan anda lakukan untuk mencegah hal tersebut terjadi. Berikut ini akan kami berikan tips mudah bersihkan radiator untuk anda.

  1. Dalam kondisi radiator yang dingin sebaiknya anda buka tutup radiator kemudian cari besi tipis dengan ukuran yang lumayan panjang.
  2. Setelah itu buang air kira – kira satu liter air radiator melalui pipa pembuangan dibagian bawah radiator.
  3. kemudian isi radiator dengan cairan pembersih lantai saat satu sachet saja isi ulang kira – kira satu liter saja.
  4. Hidupkan mesin mobil dengan tutup radiator yang dibuka saja dan akan terlihat air radiator yang bergerak mengalir. Biarkan mesin hidup selama 15 menit kemudian matikan mesin kendraan anda.
  5. Buang seluruhnya air radiator melalui pipa pembuangan dibagian bawah radiator, bersama air akan iktu karat – karat yang menyumbat radiator.
  6. Setalh air habis dibuang, isi dengan air isi ulang (air suling atau ari AC) sampai radiator terisi penuh dan kendaran bisa dipergunakan.
  7. Akan lebih baik jika air radiator besok pagi diganti lagi dengan air radiator coolant.

Dengan cara yang seperti itu makan radiator yang panas bisa menjadi stabil lagi dan tidak akan menyebabkan kerusakan kembali.

Sekian dulu informasi yang kami berikan mengenai tips mudah bersihkan radiator. Semoga bisa menjadi hal yang bermanfaat untuk anda ketika radiator mobil anda sedang mogok.

Baca juga : Tips Cara Membuat Kaca Mobil Jernih Dan Cemerlang