Tips Mengendarai Mobil Matic Untuk Pemula

Tips Mengendarai Mobil Matic Untuk Pemula – Jika anda menyukai mengendarai mobil dan mampu untuk membelinya, namun anda tidak malas untuk mempelajari mobil manual yang terlalu merepotkan, saat ini anda bisa menggunakan mobil matic. Semakin berkembangnya zaman, teknologi semakin canggih dan semakin mudah untuk dipelajari seperti mobil matic. Jika anda sebagai pemula menggunakan mobil matic, ada beberapa hal yang harus anda ketahui agar anda bisa berkendara secara aman dan mobil tetap awet dan tidak gampang rusak. Untuk itu berikut ini akan kami jelaskan mengenai tips mengendarai mobil matic untuk pemula.

  • Jika anda sudah mulai start dengan transmisi matic anda, pertama – tama yang harus anda lakukan adalah menginjak rem dan kemudian geser tuas transmisi manuju D (itu untuk bergerak maju) atau R (untuk bergerak mundur), lakukan sesuai tujuan anda.
  • Kemudian setelah tuas tergeser, lepaskan pedal rema yang anda injak dilakukan bersamaa degnan menonaktifkan parking brake (rem tangan).
  • Setelah itu injak pedal gas dengan perlahan. Perhatian, jangan menginjak pedal gas secara mendadak atau terlalu dalam, karena dapat mempengaruhi keborosan BBM.

Tips Mengendarai Mobil Matic Untuk Pemula

Tips Mengendarai Mobil Matic Untuk Pemula

  • Ketika anda terjebak macet menggunakan mobil matic dan anda diharuskan untuk berhenti, usahakan untuk menggeser tuas transmisi ke D,  jika anda tidak menggesernya itu akan membuat kopling transimis automatic menjadi semakin cepat habis.
  • Bila melewati jalan menanjak geser tuas transmisi dari D menuju ke L/1, kerena posisi tersebut adalah posisi letak gear berada ditempat paling ringan. Sehingga mobil dengan mudah dapat melewati tanjakkan.
  • Jika anda ingin memarkirkan mobil matic anda, anda bisa menggeser tuas  dari D ke P. Karena jika anda tidak menggeser, anak kunci tidak akan bisa dilepaskan.
  • Bagi pengendara pemula atau orang yang sama sekali tidak dapat mengendarai mobil, belajar mobil dengan perseneling matik justru lebih mudah. Kita hanya menggunakan kaki kiri untuk mengerem dan kaki kanan untuk menginjak pedal gas.
  • Pada mobil matic keadaan idle atau pedal gas tidak diinjak umunya gas sudah besar. Jadi tanpa diletakkan di D pun sudah bisa berjalan perlahan dengan sendirinya.

Sekian informasi yang kami berikan mengenai, tips mengendarai mobil matic untuk pemula.Semoga bisa menjadi hal yang bermanfaat untuk anda.

baca juga :
tips merawat cat mobil
hal yang perlu di perhatikan sebelum membeli motor bekas