Tips Bersepeda Motor di Jalanan Basah

OtoGrezz.comTips Bersepada Motor di Jalanan Basah. Saat ini hujan sering saja datang, musim hujan tidak kunjung berhenti. Bagi anda para pengendara sepeda motor lebih baik berhati – hati dengan jalanan yang basah dan juga licin. Ketika sedang hujan resiko kecelakaan yang terjadi pada pengendara bermotor juga semakin tinggi. Berikut ini ada tips bersepada motor di jalanan basah untuk anda, agar anda lebih berhati – hati lagi untuk menjaga keselamatan anda.

  • Gunakan pelindung kaki atau alas kaki yang tidak licin, tahan air, dan aman untuk digunakan ketika sedang mengendarai sepeda motor. Lebih baik tidak menggunakan sandal, karena ketika jatuh sandal adalah pakaian pertama yang mudah sekali untuk lepas dan sangat berbahaya bagi kaki anda jika tidak terlindungi.
  • Ketika anda hendak keluar dengan menggunakan sepeda motor sebaiknya siapkan mantel hujan berbentuk baju dan celana karena lebih aman ketimbang anda menggunakan ponco karena ponco bisa terjerat jeruji ban atau rantai. Dan gunakan warna jas hujan yang berwarnakan terang.
  • Periksa keadaan motor anda, pastikan bahwa lampu anda menyala. Dan juga keadaan ban, periksa tekanan udara ban dan alurnya. Tujuannya mencegah sepeda motor melayang diatas lapisan air atau tergelincir. Dan jangan menggunakan ban yang sudah hampir botak, itu terlalu beresiko.

Tips Bersepeda Motor di Jalanan Basah

Tips Bersepeda Motor di Jalanan Basah

  • Kurangi kecepatan karena hujan membuat permukaan jalan licin. Kecepatan yang rendah akan membuat bidang telapk dapat bersentuhan langsung dengan aspal dan menambah daya cengkram. Selain itu, ketika sedang berbelok dengan kecepatan rendah sebaiknya kurangi sudut rebah ketika sedang berbelok.
  • Jaga jarak anda dengan pengedara yang lainnya. Saat hujan jarak aman pengereman sebaiknya dibuat lebih jauh ketimbang jarak ketika mengendarai pada saat jalanan masih kering. Jika terlalu dekat dengan kendaraan di depan semprotan air berlumpur dari ban pengendara depan bisa saja mengganggu pengelihatan anda.
  • Jangan sembarang
    n menerobos genangan air karena dikhawatirkan ada lubang besar yang tidak terlihat. Dan jika terjebak banjir kemudian mogok jangan menghidupkan mesin, lebih baik dorong ke tempat aman karena dikhawatirkan ada korsleting atau air masuk dalam mesin.

 

Tidak ada yang tahu kita akan terjatuh atau tidak tapi dengan berjalan lebih berhati hati akan meminimalisir terjadinya kecelakaan akibat jalanan yang basah.

baca juga
cara inreyen motor yang benar dan cara mengendarai motor matic agar tetap irit

Sekian informasi mengenai tips bersepada motor di jalanan basah, semoga bermanfaat bagi anda dan selamat membaca.