Tips Aman Mengemudi di Tanjakan

Tips aman mengemudi di tanjakan – Untuk anda yang baru saja bisa mempelajari cara mengemudi mobil, mungkin anda akan merasa sangat senang sekali karena bisa berjalan – jalan dengan menggunakan mobil anda sendiri tanpa bantuan seorang supir. Namun terkadang ketika menjadi pemula banyak sekali hal yang sangat ditakuti ketika sedang mengemudi, salah satunya adalah saat anda harus mengemudi di sebuah tanjakan dan posisi jalan memang sedang macet, terkadang anda akan merasa gugup untuk menghadapinya. Anda membutuhkan konsentrasi yagn tinggi agar mobil anda tidak mundur ataupun  menabrak mobil yang ada didepannya. Agar hal itu tidak terjadi ada tips mengemudi mobil di jalan tanjakan untuk anda.

Tips Aman Mengemudi di Tanjakan

Tips Aman Mengemudi di Tanjakan - Otogrezz

Yang pertama harus anda lakukan adalah sesuaikan gigi persneling yang digunakan dengan tanjakan yang dilewati. Gunakan perseneling 2 atau 3 jika tanjakan tidak terlalu curam, namun jika tanjakan memang sangat curam anda bisa menggunakan perseneling satu. Yang kedua, apabila harus berhenti di tengah tanjakan ada tiga cara yang bisa dilakukan.

Teknik pertama, stop dengan menggunakan rem tangan, biasanya digunakan untuk stop dengan waktu lama dan tanjakan cukup tinggi, caranya dengan meanrik tuas rem tangan dan pindahkan persneling ke posisi netral dan jika anda ingin berjalan kembali pindahkan persneling ke gigi satu, tekan pedak gas, lepas kopling perlahan sampai mobil bergerak kemudian turunkan rem tangan secara perlahan.

Atau anda bisa stop dengan menggunakan rem kaki dipakai untuk stop dengan waktu sebentar pada tanjakan yang tidak telalu tinggi, caranya menekan pedal pada kopling pada pedal rem kaki untuk menghentikan mobil. Apabila ingin berjalan kembali angkat pedal kopling perlahan sampai terasa mobil bergetar atau jalan dan injak pedal gas sampai berjalan normal.

Kemudian stop dengan setengah kopling digunakan pada situasi jalan mengharuskan kita berhenti dalam waktu yang cukup singakat pada tanjakan yang tinggi. Dilakukan dengan cara menghentikan laju mobil dengan menekan pedal kopling dan menahan pedal gas sampai mobil berhenti. Jika anda ingin berjalan lagi, lepaskan atau angkat pedal kopling perlahan, sambil menekan pedal gas.

Sekian informasi yang kami berikan mengenai tips mengemudi mobil di jalan tanjakan, semoga bermanfaat bagi anda. selamat membaca.

Baca juga : Tips Mengemudi Mobil Saat Hujan