Perbedaan Ban Tubeless Dan Ban Tubetype Biasa

Otogrezz.comPerbedaan Ban Tubeless Dan Ban Tubetype Biasa, Ban adalah salah satu komponen kendaraan yang sangat penting. Tanpa ban mobil atau kendaraan kita tidak akan bisa kita gunakan. Karena ban merupakan instrumen yang sangat penting kita harus merawat dan menjaga ban kendaraan kita agar tetap aman dan nyaman dan yang pasti awet. Pemilihan ban yang tepat juga sangat penting untuk menjaga keselamatan kita saat berkendara. Sat ini ada dua jenis ban yang populer yakni Ban Tubeless dan Ban Tubetype Biasa atau biasa di kenal dengan ban biasa.

Perbedaan Ban Tubeless Dan Ban Tubetype Biasa

Perbedaan Ban Tubeless Dan Ban Tubetype Biasa

Kedua jenis ban ini memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri sendiri, tergantung di mana dan apa kebutuhan kita. Buat kamu yang bingung apa sih perbedaan ban tubeless dan ban tubetype biasa berikut kami berikan ulasan singkat mengenai perbedaan serta kelebihan dan kekurangan ke dua tipe ban ini.

Ban tubeless adalah tipe ban yang memiliki keunggulan ban yang awet dan tahan bocor. Dimana ketika terjadi kebocoran ban misalnya tertusuk benda tajam atau terkena ranjau paku tipe ban ini akan segera menutup dengan cepat karena komponen tubeless pada ban ini akan memadati dan menutupi area ban rusak akibat tusukan dari benda tersebut. Selain tahan bocor ban tubeless juga mempunyai alur ban yang lebih bagus sehingga daya cengkram ban tipe ini lebih kuat dan stabil.

Dari segi perawatan ban tubeless juga lebih mudah karena ban tipe ini sangat jarang bocor sehingga kamu gak perlu bolak bolik ke tukang tambal ban. Selain kelebihan di atas ban tubeless juga memiliki kekurangan yakni ban tubeless hanya bisa di aplikasikan pada velg bertipe Casting Wheel (CW) dan tidak bisa pada velg bertipe jeruji(untuk sepeda motor). Selain itu harga ban tubeless juga lebih mahal dari ban biasa.

Ban tubetipe biasa atau ban biasa adalah ban yang saat ini paling banyak di pakai untuk kendaraan roda dua, di sebut juga ban konvensional yang masih menggunakan ban dalam. Kelebihan ban tipe ini adalah harga yang lebih murah dan bisa di gunakan pada berbagai macam jenis velg baik jeruji atau Spoke Wheel (SW). Ban tipe biasa ini juga tahan di gunakan pada medan dengan kualis jalan yang kurang baik.

Sedang kelemahan ban tipe ini adalah karena masih menggunakan ban dalam, tetapi ada juga ban tubeless yang menggunakan ban dalam tapi ban tipe biasa ini lebih mudah bocor karena stukturnya tidak sekeras ban tubeless jadi lebih rentan terhadap benda tajam seperti paku. Daya cengkran ban tipe ini juga tidak sebagus ban tubeless, sehingga kurang bagus jika di gunakan untuk bermanuver dan kecepatan tinggi.

Itulah beberapa perbedaan dan juga kelebihan dan kekurangan ban tubeless dan ban biasa. Jika kamu ingin mengganti ban kendaraan kamu sebaiknya di sesuaikan dengan kebutuhan saja. sampai jumpa dan semoga membantu, baca juga ciri ciri ban palsu dan cara menambal ban tubeles.