Cara Merawat Aki Agar Tetap Awet

Cara Merawat Aki Agar Tetap Awet – Aki adalah salah satu komponen yang paling penting dalam sebuah kendaraan. Aki membutuhkan perhatian ekstra, jika anda tidak pernah merewat aki kendaraan anda bisa menyebabkan beberapa kerusakan bahkan bisa menyebabkan macet ditengah jalan. Banyak yang mengatakan bahwa butuh biaya yang mahal untuk merawat mesin kendaraan yang suka macet.

Sebenarnya tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar hanya cukup perlakukan mesin dengan baik dan rawat secara teratur, salah satunya adalah menggunakan cara merawat aki agar tetap awet. Yang perlu dilakukan untuk merawat aki adalah perhatikan permukaan cairan aki yang harus berada antara garis permukaan atas dan garis permukaan bawah.

Cara Merawat Aki Agar Tetap Awet

Cara Merawat Aki Agar Tetap Awet

Periksa penggunaannya setiap dua bulan sekali. Tambahkan air aki apabila air aki tidak berada diantara garis permukaan atas dan bawah. Kemudian ketika mengisi air aki yang bening ada aturan yang harus anda perhatikan. Sebaiknya anda lakukan pengisian tidak sampai melebihi batas maksimal tanda upper yang tertera dibagian sisi aki. Karena jika anda mengisi melebihi batas mungkin akan terjadi karat akibat kadar oksidasi yang tinggi antara besi didalam aki dengan cairan aki yang mengandung H2SO4 yang mengandung banyak sekali asam. Ini bisa saja menyebabkan aki kendaraan anda menjadi tidak awet.

Langkah selanjutnya, jangan sampai aki anda kekurangan air aki. Jika memang air aki berkurang saat digunakan itu merupakan hal yang wajar. Sebaiknya lakukan pengecekkan dalam waktu sebulan sekali untuk bisa mengetahui batas maksimal. Usahakan jangan sampai air aki berada dalam garis lower. Itu bisa menyebabkan kerusakan pada mesin dan membuat rontok dibagian besi dalam aki. Anda juga harus lebih teliti lagi dengan ventilasi dibagian sisi atas aki. Di aki basah, lubang ventilasi ini berfungsi untuk sirkulasi dan saluran pembuangan. Karena arus listrik yang dihasilkan aki akan menyebabkan panas. Jika tersumbat akan berakibat fatal dan bisa sampai meledak.

Sekian informasi dari kami mengenai cara merawat aki agar tetap awet. Baca juga cara jumper aki mobil mogok dan Cara merawat motor matic injeksi Semoga bermanfaat bagi anda dan selamat membaca.