Cara Inreyen Motor yang Baik dan Benar

Cara inreyen motor yang baik dan benar – Banyak sekali varian motor baru yang di perjual belikan di Indonesia saat ini mulai dari matic, sport hingga moge. Kebanyakan motor sering kali rusak dikarenakan tidak tahu bagaimana cara inrayen motor yang baik dan benar. Kadang meskipun tidak tahu caranya dipaksakan begitu saja untuk di inreyen, sehingga motor akan cepat sekali mengalami kerusakan. Berikut ini kami akan berika bagiamana cara inreyen motor yang baik dan benar. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika motor masa inreyen yaitu kita menginginkan agar motor baru kita awet atau motor baru kita lebih ngacir.

1. Cara inreyen motor yang baik dan benar agar motor awet

  1. Geber motor dengan halus dan jangan sampai ada suara mesin terdengar keras dan meraung – raung.
  2. Buka grip gas pelan – pelan saja atau diurut jangan langsung mendadak menariknya penuh.
  3. Jangan terlalu memberikan beban yang terlalu berat pada motor karena part pada mesin masih saling menyesuaikan.
  4. Ketika memasuki kilometer 500-1000, oli mesin sebaiknya harus segera diganti sesuai anjuran pabrikan untuk membuang gram-gram hasil gesekan komponen baru..
  5. Setelah spedometer menunjukkan angka 1000 Km keatas, silahkan berkendara seperti biasa dan normal sesuai kondisi jalan.

Cara Inreyen Motor yang Baik dan Benar - OtoGrezz

Kita tidak boleh menggunakan motor yang menyebabkan panas berlebih untuk menjaga part mesin yang masih baru mendapatkan kelonggaran yang cukup seperti yang di rekomendasikan pabrikan. Cara inreyen juga harus dilihat berdasarkan jarak tempuh.

Jika 0 – 500 km, hindari pemakaian dengan putaran mesin diatas 5000 rpm, setiap satu jam matikan mesin untuk pendinginan 5 – 10 menit, ubah kecepatan dari waktu ke waktu, jangan menjalankan kendaraan dengan posisi gas dan kecepatan tetap.

Untuk 500 – 1000 km, hindari pemakaian dengan putaran mesin di atas 7500rpm, gunakan posisi gear sesuai kebutuhan jangan membuka gas penuh.

2. Cara inreyen motor agar motor lebih ngacir

Cara ini adalah kebalikan dari cara pertama karena performa dan keawetan sangat berbanding terbalik, motor akan semakin ngacir jika tinggat kerenggangan antar komponen lebih lebar yang membuat akselerasi jadi lebih enteng tapi suara mesin cenderung lebih kasar. Tapi cara ini akan membuat umur mesin lebih pendek. contohnya komponen mesin yang harusnya mampu bertahan 6 hanya akan mampu bertahan 4 tahun saja.

Sekian informasi yang kami berikan untuk cara inreyen motor yang baik dan benar. Cara inreyen seperti apayang mau sobat OtoGrezz pilih mau awet atau mengejar performa semua saya kembalikan ke sobat semua.

Baca juga :
Tips merawat motor matic injeksi
Cara mengganti air radiator Yamaha Vixion

Semoga bisa menjadi bacaan yang sangat membantu anda untuk inreyen motor dengan baik dan benar, sehingga motor anda tidak mudah untuk rusak.