Cara Aman Pengeraman Motor Matic

Cara Aman Pengeraman Motor Matic – Saat ini motor matic sangat banyak diminati masyarakat Indonesia. Motor matic dianggap sebagai motor yang sangat mudah untuk dikendarai, hanya dengan menyalakan mesin, putar handel gas, lalu jaga keseimbangan maka motor bisa melaju dengan baik. Motor matic muncul sejak decade 90-an, dan banyak sekali peminatnya hingga sampai saat ini. Semakin ke sini semakin banyak sekali modifikasi yang dilakukan pada motor matic, namun sayangnya peningkatan fasiliatas pada matic dan peningkatan penjualan tidak dibarengi dengan pengendara yang mengerti tehnik untuk menunggangi motor matic. Kebanyakan banyak sekali yang kurang paham dengan tehnik pengeraman sehingga bisa menyebabakan kecelakaan yang berpotensi menimbulkan korban. Berikut ini ada beberapa cara aman pengeraman motor matic untuk anda.

  • Menarik tuas rem dengan empat jari untuk mendapatkan hasil pengereman yang maksimal.
  • Tarik tuas rem secara gradual atau bertahap agar putaran roda tak terkunci secara tiba – tiba. Jadi tekanana tuas rem, dimulai dari jari kelingking secara berurutan hingga ke jari telunjuk. Ada yang mengatakan bahwa tehnik yang digunakan seperti orang yang sedang memeras baju, bertahap dan berurut.

Cara Aman Pengeraman Motor Matic

Cara Aman Pengeraman Motor Matic

  • Lebih utamakan pada rem depan. Beban besar saat mengerem adalah ada pada bagian yang depan. Sehingga porsi pun harus lebih banyak di rem depan. Hal ini bisa mengantisipasi supaya tidak tergelincir.
  • Atur komposisi atau porsi tekanan antara rem depan dan jua rem belakang. Dijelaskan teriktuas bertahap dan dirasakan baik. Jika motor menunjukkan tanda – tanda akan slip, jangan tambahkan pada rem, ikuti dan rasakan saja.
  • Jangan pernah panik. Jika memang kecelakaan sering sekali terjadi karena pengendara panik, dan menarik tuas rem dalam – dalam. Keputusan itu adalah keputusan yang berbahaya karena menyebabkan motor tergelincir dan terjatuh. Itu bisa juga disebut ban motor kita nge-block. Sementara daya cengkram ban ke jalan tidak ada.

Itulah 5 tips cara melakukan pengereman pada motor matic, semoga tips di atas bisa membantu anda berkendara dengan aman.

Jika anda sudah mengusai semuanya tehnik diatas, dan sudah dijadikan kebiasaan dalam mengendarai motor matic maka akan terasa mudah jika ada kejadian rem mendadak sekalipun. Sekian informasi dari kami tentang cara aman pengeraman motor matic. Lihat juga cara merawat motor matic injeksi dan Tips mengatasi rem blong Semoga bermanfaat bagi anda para pecinta otomotif , selamat membaca.